Sejarah Berdirinya Sepeda Motor Honda

Soichiro Honda, pengembang sepeda motor Honda, tidak berencana untuk membuatnya. Padahal, hasratnya adalah kendaraan. Dia juga menyukai gagasan mengemudi cepat dan menikmati balap. Dia bekerja sejak dia masih remaja di bengkel mobil, jadi dia memiliki pemahaman yang baik tentang hal-hal mekanis. Dia juga memiliki Harley dan seorang India, memberinya banyak pengalaman mengendarai sepeda motor.

Pada tahun 1928, Honda membuka bengkelnya sendiri. Sebagai hobi ia juga memanjakan diri membangun mobil balap. Dia tidak memulai Honda Motor Company sampai dia berusia 41 tahun pada tahun 1948. Mereka memproduksi beberapa model sepeda motor dua tak dan empat tak. Dia fokus pada bidang kualitas dan desain, menawarkan produk yang dibuat dengan baik untuk bersaing di industri.

Sementara penjualan sepeda motor terus meningkat selama dua dekade berikutnya, perusahaan hampir bangkrut pada tahun 1953. Ini disebabkan oleh berakhirnya Perang Korea dan depresi ekonomi di Jepang. Namun, mereka terus menjual sejumlah kecil sepeda motor dan melanjutkan produksi. Alasan utama Honda tidak menutup pabrik adalah karena dia tidak ingin melihat lebih banyak orang keluar dari pekerjaan.

Itu adalah pilihan yang baik karena pada tahun 1958 Honda kembali menguntungkan. Pada bulan Juli tahun itu mereka memperkenalkan C100 Super Cub yang dikenal sebagai sepeda motor paling sukses di dunia. Itu dipasarkan sebagai model yang murah dan serbaguna yang dapat digunakan oleh siapa saja. Motor ini menampilkan motor empat langkah dan transmisi tiga kecepatan. Sepeda itu sangat mudah bagi pengendara sepeda motor baru untuk beroperasi juga. Perempuan bahkan menggunakannya sebagai alat transportasi. Akibatnya, Honda menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia pada tahun 1959.

Honda memutuskan ini saat yang tepat untuk memikirkan ekspansi internasional. Mereka fokus pada Asia dan Eropa, bukan Amerika Serikat. Ini karena mereka merasa ada terlalu banyak persaingan dengan sepeda buatan Amerika sehingga tidak menguntungkan. Namun, keputusan dibuat untuk datang ke Amerika Serikat karena Honda merasa jika orang Amerika menerima model mereka, maka itu akan menjadi prioritas bagi seluruh dunia untuk melakukannya.

Toko ritel Honda pertama di Amerika Serikat berbasis di Los Angeles, California; membuka pintunya pada bulan Juni 1959. Honda berjuang keras untuk mempromosikan produk mereka di Amerika Serikat dengan citra positif. Cara ini berhasil, dan Honda memiliki lebih dari 75 dealer yang sukses di Amerika Serikat pada tahun 1960.

Honda juga dikreditkan dengan membentuk Dewan Industri Sepeda Motor dan Dewan Keselamatan Sepeda Motor. Mereka menyediakan setengah dari dana yang dibutuhkan untuk memulai kedua organisasi. Keterlibatan komunitas mereka diperhatikan dan sangat dihargai oleh para penggemar sepeda motor Amerika Serikat, sehingga lebih percaya pada produk-produk Honda.

Sepanjang tahun 1970-an, Honda terus memerintah industri sepeda motor, mengembangkan sepeda motor baru yang orang-orang di seluruh dunia tidak dapat mencukupinya. Mereka juga mendapat reputasi sebagai motor tercepat di dunia, ketika model mereka memenangkan lebih dari 70 balapan terkenal di seluruh dunia pada tahun 1973. Pada tahun 1975 Honda melakukan lompatan lain yang memberikan hasil yang baik bagi mereka. Mereka memperkenalkan GL1000 Gold Wing sebagai motor touring. Ini membawa tingkat kenyamanan dan gaya yang sama sekali baru untuk sepeda touring yang cepat disalin oleh produsen lain.

Sejak itu, Honda terus memproduksi model sepeda motor inovatif yang menarik bagi berbagai budaya di seluruh dunia. Mereka juga terus berinvestasi untuk kepentingan publik. Honda menyumbangkan ribuan sepeda motor untuk tujuan yang layak setiap tahun. Mereka juga membantu mendanai